Kompas TV regional berita daerah

Tari Rodat Iringi Upacara Pelebon Raja Pemecutan XI

Kompas.tv - 27 Januari 2022, 10:20 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

DENPASAR, KOMPAS TV - Kerukunan antar umat beragama terasa begitu kental dalam kehidupan masyarakat pulau dewata. Tidak hanya itu, kesenian pun tumbuh beriringan. Salah satunya Tari Rodat. Tari Rodat ini mencerminkan kehidupan masyarakat muslim di Bali.

20 Orang pria mengenakan pakaian selayaknya prajurit keraton. Mereka beratraksi dan menari seirama. Diiringi alunan musik rebana,  lantunan lagu khas islam pun terucap dalam setiap gerak tarian ini. Pada barisan terdepan terlihat dua pria mengenakan pakaian warna berbeda dengan membawa senjata. Tarian ini juga terselip gerakan bela diri.

Mereka adalah umat muslim Kampung Kepaon yang mempersembahkan Tari Rodat, tarian khas Banyuwangi. Persembahan tari ini merupakan bentuk penghormatan terakhir kepada Raja Puri Pemecutan XI. Tarian ini pun mengelilingi bale gede.

Sejak berabad abad silam sudah menjadi tradisi umat muslim Kampung Kepaon Denpasar turut dilibatkan dalam upacara di Puri Agung  Pemecutan Denpasar. Dahulu warga Bugis yang datang ke Bali turut serta membantu sang raja dalam melawan penjajahan Belanda. Mereka pun dianggap saudara dan diberi hadiah lahan untuk menetap di Bali.
 

 

 

#tarirodat #pemecutan #cokordapemecutanXI

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x