Kompas TV regional peristiwa

Warga Bantul Test Drive Mobil Baru, Berujung Kebakaran Mesin

Kompas.tv - 10 Januari 2022, 18:23 WIB
warga-bantul-test-drive-mobil-baru-berujung-kebakaran-mesin
Ilustrasi mesin mobil kebakaran (Sumber: Pixabay)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Hariyanto Kurniawan

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Nasib kurang mujur menimpa seorang warga Bantul bernama Andang yang baru saja membeli mobil. Berniat untuk test drive, mesin mobilnya justru terbakar di Jalan Pulokadang Canden Jetis Bantul, Minggu (9/1/2022) sekitar pukul 11.00 WIB.

Menurut Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agus Yuli Herwanta, peristiwa ini bermula saat mobil Andang yang sedang test drive mengeluarkan kepulan asap dari bagian mesin.

“Pengendara berusaha membelokkan mobil ke luar badan jalan raya agar aman dari pengendara lain,” ujarnya, Senin (10/1/2022).

Baca Juga: Korban Kebakaran Yang Lumpuh Dapat Bantuan Dari Guru Se-Kota Makassar

Setelah berhasil menepikan kendaraannya, pengendara meminta tolong kepada pengguna jalan lain yang sedang melintas sembari berusaha memadamkan secara manual menggunakan tanah sawah dan alat pemadam ringan yang ada di mobil.

“Tetapi ternyata tidak padam juga,” ucapnya.

Melihat situasi itu, warga sekitar pun melaporkan kejadian itu ke BPBD Bantul. BPBD Bantul menerjunkan Petugas Penanggulangan Bahaya Kebakaran (PBK) dari Pos Induk dibantu dengan petugas TRC bersama relawan dan warga yang akhirnya bisa memadamkan api.

Sejauh ini belum diketahui penyebab terbakarnya kendaraan baru milik Andang tersebut.

Berdasarkan data BPBD Bantul, terjadi 122 kejadian kebakaran di Bantul selama 2021. Angka ini menurun jika dibandingkan dengan 2020 sebanyak 130 kejadian.

Adapun jumlah kebakaran tertinggi terjadi pada bulan Agustus yaitu sebanyak 19 kali kejadian. Sementara daerah yang sering terjadi kebakaran di Kabupaten Bantul yaitu Kapanewon Bantul sebanyak 22 kali kejadian.

Baca Juga: Petugas Pemadam Kebakaran Evakuasi Anak Ular Sanca

Ia mengimbau masyarakat yang melihat atau mengalami kejadian darurat termasuk kebakaran untuk menghubungi 112 (bebas pulsa) atau 02746462100.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x