Kompas TV regional politik

Nasdem Usulkan Tiga Nama Cagub DKI 2024, Pengamat: Belum Ada yang Memenuhi Standar Elektoral

Kompas.tv - 10 Januari 2022, 09:16 WIB
nasdem-usulkan-tiga-nama-cagub-dki-2024-pengamat-belum-ada-yang-memenuhi-standar-elektoral
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni (Sumber: dpr.go.id)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengamat politik Universitas Paramadina Jakarta Ahmad Khoirul Umam menilai belum ada nama yang diusulkan oleh Partai Nasdem sebagai kandidat calon Gubernur DKI Jakarta 2024 yang memenuhi standar kompetensi elektoral yang memadai. 

"Dari 3 nama itu belum ada yang memenuhi standar kompetensi elektoral yang memadai," kata Umam kepada Kompas.tv, Senin (10/1/22). 

Tiga nama kandidat Cagub DKI pada Pilkada DKI 2024 dari Nasdem diungkapkan oleh politikus Partai Nasdem Bestari Barus.

Tiga nama tersebut ialah Ketua Bidang Kesehatan Okky Asokawati, Bendahara Umum Ahmad Sahroni, dan Sekretaris Wilayah DPW Nasdem DKI Wibi Andrino. 

Baca Juga: Nasdem Usul Tiga Nama Calon Gubernur DKI Jakarta 2024 Gantikan Anies, Ada Ahmad Sahroni, Selain Itu?

Menurut Umam, dari tiga nama tersebut, belum ada yang terbukti memiliki kompetensi kepemimpinan yang kuat untuk level Jakarta. 

"Dan juga belum terbukti memiliki kompetensi teknis kepemimpinan yang kuat untuk level DKI Jakarta," katanya. 

Terkait posisi Ahmad Sahroni yang saat ini menjabat sebagai Ketua Penyelenggara ajang Formula E, menurut Umam dapat digunakan sebagai track record dalam bursa politik Pilkada.

Namun efek getarnya dinilai masih relatif kecil. 

"Bisa ia (Sahroni) gunakan dengan track record untuk menawarkan nama dalam bursa politik Pilkada, namun efek getarnya masih relatif kecil," kata Umam. 

Baca Juga: Deretan Nama Kandidat Potensial Cagub DKI Jakarta 2024 dari PDIP, Ada Risma hingga Gibran

Sebelumnya, Bestari Barus menyebut, partainya memiliki tiga nama kandidat Calon Gubernur (Cagub) DKI Jakarta yang akan diusung dalam Pilkada DKI 2024 untuk menggantikan Anies Baswedan. 

"Kita punya Okky Asokawati, kader perempuan kan. Kemudian juga kita punya Wibi Andrino, anak muda ketua fraksi. Kita punya Sahroni," kata Bestari dalam keterangannya, dikutip Minggu (9/1/2022).

Bestari yakin, partainya akan lebih cepat dari partai politik lain dalam memutuskan dan mengumumkan kandidat Cagub DKI pada Pilkada 2024 mendatang. 

"Biasanya Nasdem akan paling cepat. Kalau yang (lain) baru berwacana, Nasdem nantinya saya meyakini akan lebih cepat daripada yang lainnya mendorong nama bakal calon gubernur," ujar Bestari. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x