Kompas TV regional berita daerah

Normalisasi Sungai Pasca Banjir Bandang Kota Batu Terkendala Cuaca

Kompas.tv - 7 Januari 2022, 20:16 WIB
Penulis : KompasTV Malang

BATU, KOMPAS.TV- Sejak diterjang banjir bandang 2 bulan lalu, normalisasi aliran sungai Sambong yang berada di Desa Bulukerto Kecamatan Bumiaji Kota Batu, terus dikebut oleh tim BBWS. 

Selain pelebaran aliran sungai, pembangunan dinding penahan juga dilakukan di beberapa titik sepanjang 4 km. 

Direksi dan pengawas proyek BBWS Jatim Mohammad Tafsir mengatakan, rencana pembangunan aliran sungai ini diperkirakan memakan waktu selama enam bulan kedepan dan sudah berjalan selama 2 bulan.

Pembangunan dan normalisasi sungai ini juga bersifat darurat dan dilakukan di beberapa titik, yang dianggap rawan jika sewaktu waktu terjadi hujan besar.

Cuaca dengan hujan intensitas tinggi di wilayah hulu juga menjadi kendala bagi pekerja di lapangan. Karena saat kawasan hulu hujan deras, tak jarang pekerja harus menghentikan pekerjaan karena aliran air yang cukup deras dan dikhawatirkan akan membahayakan pekerja. 

"Kalau cuaca pasti kendala, soalnya kan di atas sering hujan. Kita kan ada di bawah kalo air datang pasti berhenti" kata Tafsir, Jumat (07/01/2022).

Sebelumnya, banjir bandang menerjang Kota Batu hingga berdampak pada Kota Malang. Puluhan rumah rusak parah diterjang banjir. Selain itu, banjir bandang juga menelan korban jiwa.

#pascabanjirbandang #kotabatu



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x