Kompas TV regional berita daerah

Tanaman Cepat Tumbuh dan Lahan Subur

Kompas.tv - 7 Januari 2022, 16:20 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

CIANJUR, KOMPAS TV –

Pandemi covid-19 ternyata melahirkan ide kreatif bagi para Pemuda Karangtaruna di Kelurahan Solokpandan, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur yang sukses membuat pupuk cair dari urine kelinci.

Berawal dari beternak kelinci para Pemuda Karangtaruna pun terpikir untuk memanfaatkan urine menjadi pupuk cair berkualitas yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar khususnya yang hobby bercocok tanam.

Dilakukan secara otodidak mereka mulai belajar cara mengolah urine kelinci menjadi pupuk organik butuh waktu untuk mereka berhasil mengolah pupuk dari urine kelinci ini, sempat gagal setelah beberapa kali uji coba mereka pun berhasil menemukan campuran yang pas serta masa fermentasi yang sesuai sehingga menciptakan pupuk organik yang sempurna.

Dalam pengolahannya urine atau air seni kelinci dicampur menggunakan cairan fermentasi dan tetes tebu sebelum didiamkan selama dua minggu setelah masa fermentasi selesai pupuk cair organik dari air seni kelinci pun siap digunakan. 

Dalam penggunaannya satu liter air bisa dicampur dengan sepuluh tutup botol pupuk cair hingga kemudian disemprotkan ke tanaman dan lahan pertanian jadi rutin baru dalam sehari para pemuda karangtaruna ini mampu menghasilkan satu liter pupuk cair organic.

Untuk lebih tahu berita terupdate seputarJawa Barat, bisa klink link di bawah .

IG :https:www.instagram.comkompastvjabar

Youtube :https:www.youtube.comckompastvjaw...

Twitter :https:www.twitter.comkompastv_jabar

Facebook :https:www.Facebook.comkompastvjabar



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x