Kompas TV regional berita daerah

Budidaya Ulat Maggot Solusi Penanganan Sampah Organik

Kompas.tv - 5 Januari 2022, 18:39 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Seorang warga di Kabupaten Sorong memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk budidaya ulat maggot, yang merupakan salah satu jenis hewan dengan memiliki sejumlah manfaat, salah satunya dapat membantu menyelesaikan masalah sampah organik.

Inilah jenis ulat maggot, siapa sangkah hewan ini dapat mengurai sampah organic, yang menjadi permasalahan di setiap pemukiman. Dengan budidaya maggot sendiri 10 ton sampah organik dapat tertangani dengan mudah.

Hal inilah yang sering dikerjakan oleh Eko Tugas Kusno yang dikenal dengan Mbah Gimbal. Kesehariannya membudidayakan maggot dan beberapa jenis hewan serta tumbuhan. Untuk memperoleh keuntungan serta dapat menyelesaikan sejumlah masalah lingkungan termasuk sampah.

Metamorfosa maggot dimulai dari telur yang hidupnya di sampah makanan, kemudian setelah membesar akan berubah menjadi larva dan kemudian menjadi prapupa, selanjutnya  akan berubah menjadi lalat dewasa.

Selain mengurai sampah, ternyata ulat maggot yang berubah menjadi prapupa dapat digunakan sebagai makanan ternak ayam dan juga ikan, hingga bisa dijadikan pupuk kompos yang berkhasiat menyuburkan tanaman.

Belajar dari Mbah Gimbal Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Sorong, berinisiatif mencoba untuk mengaplikasikan ulat maggot, guna membantu menyelesaikan persoalan sampah organik di Kota Sorong, dengan dimulai dari masing-masing kelurahan.

#SorongPapuaBarat #ManfaatSampahOrganik #CaraTernakMaggotPemula



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x