Kompas TV regional berita daerah

Danlantamal IX Ajak Generasi Sekarang Jadikan Marta Tiahahu Sebagai Panutan

Kompas.tv - 3 Januari 2022, 16:15 WIB
Penulis : KompasTV Ambon

AMBON,KOMPAS.TV-Memperingati 204 tahun perjuangan Marta Christina Tiahahu, Lantamal IX menggelar upacara tabur bunga yang bertempat di Dermaga Irian Lantamal IX Halong Ambon Senin 3 Januari 2022.

Bertindak selaku inspektur upacara, Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina melakukan pelarungan karangan bunga yang diikuti dengan tabur bunga oleh undangan yang menghadiri upacara peringatan perjuangan Marta Christina Tiahahu.

Marta Christina Tiahahu berperang dalam pertempuran melawan belanda di pulau Saparua. Di tengah keganasan pertempuran itu, ia memberikan pekikan semangat kepada pasukan untuk menghancurkan musuh.

Dalam momentum 204 tahun jejak perjuangan Marta Cristina Tiahahu, Danlantamal IX mengajak generasi sekarang untuk meneladaninya sebagai panutan dalam kehidupan sehari-hari.

Tabur bunga merupakan tradisi sekaligus simbol yang dilakukan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan. Namun yang terpenting adalah generasi penerus bangsa harus terus mewarisi semangat dan nilai-nilai perjuangan para pahlawan terdahulu.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x