Kompas TV regional berita daerah

Bus Pariwisaya Malang City Tour Kembali Beroperasi

Kompas.tv - 31 Desember 2021, 19:25 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV-Kembali beroperasinya bus Malang City Tour ini ditandai dengan peresmian oleh Wali Kota Malang Sutiaji Jumat (31/12/2021) siang, di halaman Gedung Kartini Kota Malang.

Bus pariwisata yang akan menyusuri jalan-jalan di Kota Malang ini berbeda dengan bus Macito sebelumnya. Jika sebelumnya bus Macito adalah bus tingkat, tapi bus macito dengan desain baru ini hanya memiliki satu lantai.

Wali Kota Malang Sutiaji usai meresmikan bus Macito menjelaskan, bahwa akan ada penambahan armada bus Macito yang saat ini berjumlah satu akan ditambah menjadi 3 atau 4 armada.

"Nanti akan kita tambah 3 atau 4, nanti operasionalnya ikut Disporapar" kata Sutiaji.

Untuk bus macito yang sebelumnya tifak beroperasi akan digunakan sebagai sarana UMKM dan informasi pariwisata yang bisa diletakkan di kawasan heritage Kayutangan.

Desainer bus macito asal Kota Bandung, Hasan Muda Nasution,  menyebut dirinya memasukkan beberapa unsur khas Kota Malang ke dalam desain bus Malang City Tour ini.

"Dari riset saya untuk landscape Kota Malang lebih banyak desain gotik, akhirnya saya coba masukkan, dan buah-buahan untuk background. Malang juga dekat dengan Kerajaan Singosari kita masukkan itu” tutur Hasan.

Sebelumnya pada Desember 2014, Kota Malang memiliki 2 bus macito yang mengantarkan wisatawan keliling Kota Malang. 

Namun karena tidak sesuai standar, bus Macito tidak mendapatkan surat-surat kendaraan hingga akhirnya berhenti beroperasi pada 1 agustus 2019.

#busmacito #buspariwisata




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x