Kompas TV regional berita daerah

Inovatif! 4 Mahasiswa di Surabaya Ciptakan Alat Penggulung Tali Strapping Tas Anyaman

Kompas.tv - 23 Desember 2021, 12:51 WIB
Penulis : Edika ipelona

SURABAYA, KOMPAS.TV - Bertujuan ingin membantu pelaku UMKM saat proses pembuatan tas anyaman, empat mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya merancang sebuah alat yang diklaim mampu mempercepat proses penggulungan bahan baku tas anyaman yakni tali strapping dua kali lebih cepat.

Keempat mahasiswa dari fakultas teknik industri ini tengah merancang alat untuk mempermudah para pelaku UMKM menggulung tali strapping untuk pembuatan tas anyaman dengan cepat. Mereka adalah Viva Marisa, Dian Novita Rahayu, Yesi Mareta, dan Sandiyanu Saputra.

Baca Juga: Produksi Kerajinan Tangan Bantu Ekonomi Warga

Tali strapping sendiri merupakan tali berbahan plastik yang kerap digunakan untuk membuat tas anyaman. Selama ini, perajin tas anyaman menggunakan cara manual untuk menggulung tali strapping, yakni dengan menggunakan kayu dan alat ukur manual. Sehingga waktu untuk menggulung tali strapping lebih lama.

Sementara jika menggunakan alat ini diklaim waktu penggulungan lebih cepat dua kali lipat sehingga perajin tidak menghabiskan banyak waktu dalam proses ini.

Kedepannya, mereka akan terus mengembangkan dan melakukan uji coba alat ini sebelum nantinya dihibahkan kepada pelaku UMKM.

Video Editor: Laurensius Krisna Galih



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x