Kompas TV regional berita daerah

Kodam VI Mulawarman Ubah Lahan Seluas 93 Ha Untuk Ketahanan Pangan di Balikpapan

Kompas.tv - 22 Desember 2021, 15:59 WIB

BALIKPAPAN, KOMPAS.TV – Panglima Kodam VI Mulawarman, Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan kandang sapi dan  penanaman perdana bibit jagung, di lokasi ketahanan pangan lahan Transad Kilometer 8, kecamatan Balikpapan Utara, pada Jumat (17/12) pagi.

Kegiatan ini menandai launching ketahanan pangan di wilayah Kodam VI Mulawarman,  dengan mengusung konsep ketahanan pangan efektif berbasis tipologi wilayah dengan metode integrated farming system atau IFS, di wilayah penyangga kemandirian pangan ibukota negara yang baru.

Pengembangan area budidaya di lokasi ini meliputi holtikultura, pertanian, peternakan dan perikanan. Dimana untuk tahap awal lahan seluas 93 hektar di Balikpapan untuk ditanami jagung, pohon durian, alpukat, peternakan sapi, kolam ikan, hingga sumber dan jalur air yang dilakukan secara bertahap, hingga kedepan menjadi kawasan agro wisata.

Ada 300 petani dari 10 kelompok tani yang juga dilibatkan dari program ketahanan pangan ini, dan juga melibatkan stakeholder lain seperti pemerintah daerah, universitas, hingga instansi.

Kodam VI Mulawarman membuka lahan seluas 1.409,75 hektar lahan secara serentak yang tersebar di kodim jajaran Kodam VI Mulawarman.

 

#ketahananpangan#baktisosial#argowisata#kodamvimulawarman#beritabalikpapan

Jangan lewatkan informasi menarik di Kompas TV Balikpapan, yuk subscribe channel youtube Kompas TV Balikpapan.

Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru. Media sosial Kompas TV Balikpapan :

instagram: https://www.instagram.com/kompastv.ba...

facebook : https://www.facebook.com/kompastvbali...

twitter : https://twitter.com/TvBalikpapan?s=09




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x