Kompas TV regional berita daerah

Produksi Kerajinan Tangan Bantu Ekonomi Warga

Kompas.tv - 21 Desember 2021, 18:09 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

GORONTALO, KOMPAS.TV - Demi membangkitkan perekonomian warga di tengah pandemi covid 19  pemerintah kelurahan  dembe satu  kota gorontalo memberdayakan warga membuat kerajinan tangan. Kerajinan berupa sulaman kain karawo dan juga tas  berbahan eceng gondok  bisa membantu warga meningkatkan ekonomi.

"Alhamdulillah setelah sekian tahun Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Mootinelo Kelurahan Dembe II vakum dengan kegiatan masyarakat. kecuali kegiatan dana ekonomi bergulir yang masih berjalan hingga saat ini.

Teristimewa tahun 2021 ini, melalui Program KOTAKU, kita mendapatkan kucuran dana Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat "Cash For Work" sebesar tiga ratus juta rupiah.” Demikian yang disampaikan oleh Koordinator Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Kelurahan Dembe II, Idris Habibie. Disela-sela kegiatan Sosialisasi Cash For Work Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU}, yang dilaksanakan di aula Kantor Lurah Dembe II, Selasa (23/02/2021). Kegiatan Sosialisasi dihadiri dan dibuka langsung oleh Lurah Dembe II, turut dihadiri peserta diantaranya, anggota-anggota BKM,unit-unit pelaksana, Ketua-ketua RT dan RW, Ketua LPM, Ketua Karang Taruna dan Kader PKK serta Tim Fasilitator, Tim Koorkot dan Tim OSP -8 Program Kotaku Provinsi Gorontalo.

Cash for work atau CFW adalah kegiatan padat karya tunai yang bertujuan untuk memberikan bantuan tunai berupa upah tenaga kerja kepada masyarakat yang terkena dampak dari pandemi covid-19. Selain itu juga untuk mempercepat pemulihan kondisi sosial dan ekonomi masyarakat pasca covid-19, serta membantu pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional dan meningkatkan daya beli masyarakat terdampak covid-19. Tujuan lain dikaitkan dengan program KOTAKU, agar terpeliharanya aset infrastuktur melalui pemeliharaan dan perbaikan yang pernah dibangun oleh program KOTAKU atau program Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM) lain melalui swakelola masyarakat. Menurut Agustin Abdullah, selaku TA Infrastruktur pada OSP 8 Gorontalo, menjelaskan bahwa kegiatan CFW ini baru di Program KOTAKU.

 


#kerjinantangan
#karawo
#gorontalo

 

 



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x