Kompas TV regional peristiwa

BPBD: Sebagian Pengungsi Banjir Kepulauan Mentawai Telah Kembali ke Rumah

Kompas.tv - 19 Desember 2021, 17:49 WIB
bpbd-sebagian-pengungsi-banjir-kepulauan-mentawai-telah-kembali-ke-rumah
Situasi banjir yang telah surut dan sempat merendam dua desa di Kepulauan Mentawai. (Sumber: Dokumentasi BNPB)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Edy A. Putra

KEPULAUAN MENTAWAI, KOMPAS.TV - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Kabupaten Kepulauan Mentawai melaporkan sebagian warga yang mengungsi akibat banjir telah kembali ke rumah, Minggu (19/12/2021).

Data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan, sebanyak 446 unit rumah dari Desa Mongan Paula dan Siberut, terendam banjir.

Banjir ini terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi mengguyur Kecamatan Siberut Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Jumat (17/12) lalu.

Baca Juga: 16 Kecamatan di Mandailing Natal Terendam Banjir, Curah Hujan Tinggi Menjadi Pemicu Utamanya

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kepulauan Mentawai Amir Ahmari mengatakan, sebagian warga pulang dari pengungsian karena banjir telah mulai surut.

“Banjir di dua desa Kecamatan Siberut Utara saat ini sudah surut. Sebagian warga yang mengungsi di rumah kerabat telah kembali ke rumah masing-masing," jelasnya dalam siaran pers BNPB yang diterima Kompas TV, Minggu.

BPBD meminta kepada seluruh warga untuk waspada dan segera melakukan evakuasi ke tempat yang lebih aman jika ditemukan peningkatan debit air.

Baca Juga: Sudah 2 Hari Nias Utara DIlanda Banjir Setinggi 2 Meter dan Tak Ada Tanda-Tanda Akan Surut

Pasalnya, BMKG telah mengirimkan peringatan dini hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai petir kilat di wilayah Kepulauan Mentawai dari Minggu (19/12) hingga Selasa (21/12).

Terkait bantuan untuk warga terdampak, BPDB belum dapat membagikannya karena mobilisasi terhambat gelombang air laut yang besar.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x