Kompas TV regional berita daerah

Waspada, 4,8 Juta Pemudik Nataru Masuk Jateng

Kompas.tv - 17 Desember 2021, 11:50 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi  meminta Jawa Tengah mewaspadai masuknya pemudik saat libur natal dan tahun baru 2022 yang jumlahnya diperkirakan mencapai 4,8 juta pemudik lebih. Menhub juga mengapresiasi kekompakan dan kesiapan dari Pemprov Jateng dan pihak terkait dalam mengantisipasi lonjakan pemudil natal dan tahun baru. 

Ditemui usai menggelar rapat koordinasi persiapan dalam menghadapi Natal dan Tahun Baru di Jawa Tengah, Budi Karya Sumadi, mengaku senang dengan kesiapan Jawa Tengah dalam menghadapi libur natal dan tahun baru. Semua pihak terlihat kompak untuk mencegah membludaknya pemudik yang akan masuk Ke Jawa Tengah, yang diperkirakan jumlahnya mencapai 4,8 juta pemudik lebih. Menurut Menhub, mayoritas pemudik akan menggunakan kendaraan pribadi. "Pergerakan lalu lintas tetap harus dikelola, walaupun kesadaran masyarakat saat ini sudah mulai lumayan baik. Namun jumlah pemudik yang banyak harus diatur," jelas Menhub. 

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku siap jika sewaktu-waktu terjadi bencana dan sudah melakukan upaya pencegahan masuknya pemudik ke Jawa Tengah. "Insyaallah Jawa Tengah siap dengan berbagai skenario. Kami senang diberi kewenangan untuk improve pada saat kondisi tidak sesuai dengan rencana. Kalau dari survey diperkirakan pemudik mencapai 4,8 juta, kita sudah mulai melakukan pencegahan," kata Ganjar. Gubernur Jateng juga mengaku setuju dengan penutupan tempat wisata yang tidak ada pengelolanya selama Natal dan Tahun Baru. 

#janganmudik #mudiknatal #dirumahsaja 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x