Kompas TV regional berita daerah

Rumah Kreasi Bagi Penyandang Disabilitas

Kompas.tv - 16 Desember 2021, 20:13 WIB
Penulis : KompasTV Palu

SIGI, KOMPAS.TV - Balai Nipotove Kementrian Sosial melalui Program Sentra Kreasi Atensi, mewadahi sekaligus memberdayakan para penyandang disabilitas dengan membuat sebuah kafe yang juga sekaligus menjadi rumah kreasi bagi penyandang disabilitas di Sulawesi Tengah.

Seperti inilah kegiatan para teman teman disabilitas yang ada di Balai Nipotove Kementerian Sosial Sulawesi Tengah, Di rumah kreasi ini setiap minggunya dengan didampingi oleh instructor mereka belajar membuat kerajinan misalnya dari hasil daur ulang sampah kertas yang bisa dijadikan sesuatu yang bernilai jual, ada pula yang belajar menjahit serta mewarnai kain dengan teknik ecoprint dimana hasil kerajinan mereka ini akan dipasarkan baik secara langsung maupun daring .

Di tempat ini juga terdapat sebuah kafe yang diberi nama inklusi yang mana para pekerjanya juga merupakan para penyandang disabilita. Bayu dan Diedra misalnya, penyandang disabilitas intelektual ini mengaku senang bisa belajar dan bekerja disini karena mereka bisa memiliki penghasilan sendiri dan mendapatkan banyak teman.

Tempat ini sendiri dibuat pada pertengahan bulan agustus tahun 2021, Kepala Balai Nipotove Syaiful Samad mengatakan, disini mereka diberikan ruang serta peluang agar bisa mandiri dan percaya diri.

Menurut Kepala Seksi Layanan Rehabilitasi Sosial Nureja Matangang, di Sulawesi Tengah sendiri khususnya di Kota Palu belum ada satupun kafe yang dibuat khusus dengan memperhatikan kenyamanan atau pun kemudahan aksesibilitas para penyandang disabilitas.

Adapun mereka yang belajar dan bekerja di tempat ini merupakan penyandang disabilitas intelektual, fisik dan juga sensorik .

#Disabilitas #BalaiNipotove #RumahKreasiPenyandangDisabilitas 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x