Kompas TV regional berita daerah

Ubah Nasib, 10 KK Warga Jateng Transmigrasi Ke Kalteng

Kompas.tv - 15 Desember 2021, 15:51 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memberangkatkan 10 Kepala Keluarga transmigrasi ke Desa Dadahu, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. Pemberangkatan dilakukan di Balai Latihan Kerja (BLK) 1 Semarang pada Senin (13/12/21) petang. Sebelum diberangkatkan ke daerah transmigrasi. 10 Kepala Keluarga ini diberi pelatihan bertani padi atau tanaman kebun dan beternak. Para transmigran nantinya akan mendapat berbagai kemudahan seperti penyediaan lahan tempat tinggal yakni rumah panggung tipe 36 di atas pekarangan gambut dengan luas seperempat hektar. Sedangkan lahan garapan yang diterima seluas 1,75 hektar.

10 KK yang berangkat ke Kalimantan Tengah berasal dari Kabupaten Cilacap, Sragen, Pekalongan, Purworejo, Kendal, Sukoharjo, Wonogiri, Kota Surakarta, Salatiga dan Kota Semarang. Pemberangkatan transmigran ini tidak hanya menerapkan protokol kesehatan ketat, namun juga dilakukan tes usap antigen hingga PCR dan tes kesehatan bagi seluruh transmigran.

"10 KK sudah mendapatkan pembekalan, mendapatkan informasi serta mendapatkan ketrampilan yang jelas sejak tanggal 5 Oktober" ujar Sakina Rosellasari, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Tengah. 

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berharap, para transmigran bisa mengaplikasikan bekal yang diperoleh selama mengikuti pelatihan dan bisa sukses. Sehingga kehidupan para transmigran bisa lebih sejahtera dan bisa meningkatkan taraf hidup di lokasi transmigrasi.

"Harapannya kemarin sudah dibekali berbagai macam, bisa jadi bekal disana, sehingga disana bisa sukses, sejahtera dan meningkatkan taraf hidupnya" ujar Sumarno, Sekda Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Salah seorang transmigran dari Kabupaten Sragen yang sebelumnya hanya bekerja serabutan mengaku optimis, bisa sukses di daerah transmigrasi yang dituju karena sudah memiliki bekal yang cukup. 

"Harapannya semoga ada peningkatan yang lebih baik, dari yang sebelumnya di kampung ga punya apa-apa, disana bisa sukseslah" ungkap Sunar, transmigran. 

Untuk istri transmigran Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memberikan pelatihan pengolahan makanan agar bisa dimanfaatkan sebagai tambahan penghasilan keluarga selama di daerah transmigrasi. #transmigrasi #dinastenagakerjadantransmigrasi #protokolkesehatan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x