Kompas TV regional berita daerah

Program Padat Karya Desa Kutampi

Kompas.tv - 15 Desember 2021, 15:48 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

KLUNGKUNG, KOMPAS TV - Program pemberdayaan masyarakat untuk diajak kreatif di tengah situasi pandemi Covid-19, terus dilaksanakan di Kabupaten Klungkung. Salah satunya dengan mengikut sertakan pada program padat karya.

Program inovasi padat karya yang dilaksanakan oleh Dinas Perindustrian Dan Tenaga Kerja Kabupaten Klungkung, tahun 2021 ini masih dilaksanakan. Selain untuk membangun infrastrukrur jalan juga memberikan jalan masyarakat untuk menghasilkan uang sekaligus membuat jalan untuk mereka sendiri.

Salah satunya pembangunan jalan tani, jalur ponjok-pulagan Desa Kutampi Kecamatan Nusa Penida. Yang disahkan atau diresmikan Bupati Klungkung, dengan penandatanganan prasasti.

Kepala Dinas Perindustrian Dan Tenaga Kerja Kabupaten Klungkung, I Wayan Sumarta mengatakan padat karya ini melibatkan warga setempat, untuk pembangunan jalan baru dan pengerasan sepanjang 1,5 kilometer dengan anggaran daerah sebesar rp 400 juta.

Sementara Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengatakan program ini mendapat manfaat yakni memiliki akses jalan baru, untuk pertanian setempat. Yang saat ini mulai menanam jagung, yang sebelumnya lahannya tidak produktif lantaran hanya diisi pohon jat. Lahan ini kedepan diharapkan untuk ditanami tanaman produktif, yang bisa menjadi penopang pariwisata kedepan. Bahkan Bupati juga berencana melaksanakan penanaman bersama.

Rencananya tahun 2022 padat karya lebih dimaksimalkan, selain masyarakat menerima manfaat langsung berupa upah kerja juga manfaat tidak langsung yang berkelanjutan.

 

 

 

 

#DinasPerindustrianDanTenagaKerjaKabKlungkung #BupatiKlungkung #INyomanSuwirta




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x