Kompas TV regional berita daerah

Kudus Tunda Vaksinasi Covid 19 Anak 6-11 Tahun

Kompas.tv - 15 Desember 2021, 15:11 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KUDUS, KOMPAS. TV - Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah memutuskan untuk menunda sementara waktu pelaksanaan vaksinasi Covid-19 anak usia 6-11 tahun. Direncanakan vaksinasi anak usia 6-11 tahun akan dilakukan pada awal tahun 2022 dan menunggu capaian vaksinasi terhadap kelompok lansia mencapai 60 persen dari jumlah sasaran.

Sesuai dengan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri, bahwa Pemerintah Daerah sudah diizinkan untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun dengan kriteria cakupan vaksinasi dosis pertama di atas 70 persen dan cakupan vaksinasi lansia di atas 60 persen. Sementara Kabupaten Kudus hingga saat ini sasaran vaksinasi untuk kelompok lansia baru mencapai 57 persen.

Namun Bupati Kudus berjanji akan terus berupaya untuk menggenjot capaian vaksinasi lansia dengan memaksimalkan program vaksinasi jemput bola yang saat ini masih berjalan, agar di akhir desember bisa mencapai target di angka 60 persen. Sehingga diharapkan di awal tahun 2022 nanti, dapat menyelenggarakan vaksinasi anak usia 6-11 tahun.

"Untuk yang lansia ini, untuk perdesa dikasi target berapa, supaya segera terpenuhi dan Insha Allah nanti segera mungkin diakhir Desember ini bisa selesai dan bisa diatas 60, jadi kita bisa untuk mengkondisikan vaksin anak "ujar Hartopo, Bupati Kudus.

Hingga saat ini pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Kudus untuk kelompok lansia masih terus dilaksanakan, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus, setiap harinya petugas dapat menyuntikkan lebih dari 300 dosis dan akan ditingkatkan menjadi 500 dosis per hari dengan harapan target vaksinasi lansia bisa segera terpenuhi.

#covid19 #vaksinasianak #vaksinasilansia



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x