Kompas TV regional kesehatan

Capaian Vaksin Daerah Rendah, Vaksin Anak 6-11 Tahun Ditunda

Kompas.tv - 15 Desember 2021, 08:20 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Sebanyak 11 kabupaten dan kota di 19 provinsi di Indonesia sudah memenuhi kriteria untuk melakukan vaksinasi untuk  anak usia 6-11 tahun. Namun ada juga beberapa daerah yang belum melaksanakan vaksin anak karena terkendala syarat capaian vaksin yang belum maksimal.

Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, belum bisa melakukan vaksinasi anak usia 6-11 tahun, karena dinas setempat masih menunggu data sasaran vaksin dan juga vaksin yang akan digunakan dari pemerintah pusat. Saat ini, capaian vaksinasi dosis pertama mencapai 40,52%. Sementara untuk lansia, baru mencapai 22,62%. Saat ini, Kabupaten Sumenep masih berada di level 3 dan vaksin anak baru akan dilaksanakan sekitar awal januari 2022 mendatang.

Sedangkan di Kudus akibat capaian vaksinasi untuk kelompok lansia belum terpenuhi, Pemerintah Kabupaten Kudus sementara waktu menunda pelaksanakan vaksinasi covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun dan direncanakan baru bisa dilaksanakan pada awal tahun 2022 mendatang. 

Baca Juga: Lampu Hijau untuk Vaksin Anak, Pemkab Bantul Sudah Tunggu Sejak Lama

Menurut Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono yang menjadi kriteria bagi sebuah wilayah dapat diperbolehkan memberikan vaksin kepada anak usia 6-11 tahun antara lain, vaksinasi dosis pertama sudah mencapai 70% dan juga vaksinasi dosis pertama terhadap lansia sudah mencapai 60%.

Vaksinasi dosis pertama bagi anak anak telah mulai disuntikan sejak Selasa kemarin dan vaksin yang diberikan adalah Vaksin Sinovac dengan rentang waktu pemberian dosis pertama menuju kedua minimal 28 hari hari. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x