Kompas TV regional peristiwa

Geger! Sebuah Rumah di Banjarmasin Tiba-tiba Ambruk, Hancur dan Perlahan Ambles

Kompas.tv - 14 Desember 2021, 21:20 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV – Rumah beton di Jalan Melati Indah I roboh dan rusak parah, senin malam (13/12/2021).

Rumah bernomor 8, RT. 30 RW. 02 Kelurahan Sungai Lulut, Banjarmasin Timur tersebut ambruk seketika sekitar pukul 22.30 WITA.

Baca Juga: Dampak Banjir Rob, SDN Alalak Utara I Banjarmasin Rugi Puluhan Juta Akibat Sejumlah Kerusakan

Menurut tetangga, saat kejadian rumah sedang dihuni 3 orang yang berteriak saat rumah mulai ambruk dan mengeluarkan suara keras.

“Saya kira maling yang loncat, ternyata ambruk rumahnya, pas keluar orangnya minta tolong, di dalam ada tiga orang, kayaknya tidur, sekitar 5 menit baru bangun," ungkap Jun, saksi yang juga tetangga sebelah rumah.

Berselang beberapa saat, petugas PLN dan BPBD Banjarmasin tiba di lokasi dan langsung memutus aliran listrik untuk mencegah korsleting.

Sementara personel BPBD Banjarmasin memastikan kondisi rumah sangat tidak aman, karena perlahan bangunan rumah masih turun atau mengalami ambles perlahan.

Mengingat berdiri di atas lahan rawa gambut, BPBD menduga pondasi cakar ayam bangunan mengalami pergeseran.

"Soalnya ini daerah rawa gambut, kemungkinan pondasinya bergeser, sementara perkiraan terlalu berat beban di atas," terang Koordinator Rescue Mobile BPDB Banjarmasin, Yoshida.

Baca Juga: Dugaan Upaya Penculikan Siswa SD di Banjarmasin, Orangtua Diimbau Waspada

Sementara 3 penghuni rumah yang terdiri dari 2 anak dan 1 wanita ibunya telah dievakuasi ke rumah kerabat dalam keadaan selamat.

Untuk mencegah warga mendekati area rumah yang berbahaya dan mengamankan harta benda yang masih tertinggal dalam rumah, polisi memasang garis polisi dan melakukan penyelidikan penyebab pasti kejadian.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x