Kompas TV regional berita daerah

Viral Langit Membara di Malang, Begini Penjelasan BMKG

Kompas.tv - 14 Desember 2021, 18:59 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV-Viral di media sosial, warga di sejumlah daerah di Jawa Timur, melihat petir berwarna merah, di gunung Arjuno dan gunung Welirang, Senin (13/12/2021) sore hingga malam.

Badan Meteorologi Klinatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Karangploso Malang menyebut kejadian tersebut adalah fenomena alam yang biasa terjadi, yakni awan cumulonimbus.

Warna kemerahan pada awan dan langit di sekitarnya dikarenakan adanya pembiasan cahaya matahari, oleh partikel-partikel yang ada di atmosfer, sehingga menghasilkan energi yang rendah, gelombang panjang, dan memunculkan warna kemerahan.

Prakirawan Stasiun Klimatologi Malang Edythya Ferlani menyebut, hasil pengamatan radar BMKG terlihat banyak pertumbuhan awan cumulonimbus di sekitar gunung Arjuno dan Welirang. 

“Selain itu kondisi sejak pagi hingga siang sudah panas terik, dan unsur cuaca lain mendukung. Sehingga mendukung terbentuknya awan cumulonimbus di sekitar gunung. Karena gunung lebih mudah membentuk awan. Terjadinya mulai jam 17.00 sampai 19.00, sekitar dua jam” terangnya, Selasa (14/12/2021).

Fenomena awan cumulonimbus sendiri biasa terjadi di musim hujan dan berpotensi cuaca ekstrem.

#viralmalang #petirmerah

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x