Kompas TV regional berita daerah

Nelayan Gelar Parade Peringaati Hari Nusantara

Kompas.tv - 14 Desember 2021, 16:23 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Sebanyak 35 nelayan kecil yang tergabung dalam KNTI Kota Pekalongan, Jawa Tengah, menggelar parade perahu untuk memperingati Hari Nusantara. Peringatan Hari Nusantara juga dimanfaatkan nelayan untuk menyampaikan aspirasi kepada pemerintah untuk secepatnya merampungkan pencetakan kartu nelayan Kusuka yang belum diterima nelayan kecil di Kota Pekalongan sejak 2018.

 

Kasi kenelayanan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Pekalongan, Mustofa Kamal, Senin 13 Desember 2021 mengatakan, jumlah nelayan kecil di bawah 30 GT yang tercatat ada 500 lebih, di mana input data hingga proses cetak kartu nelayan mengalami keterlambatan lantaran ada sejumlah malfungsi pada sistem aplikasi di Kementerian Kelautan. Pihak dinas sudah berupaya untuk berkoordinasi dengan pemerintah pusat agar sistem bisa kembali normal atau pulih.

 

Sementara itu sekretaris KNTI, Nur Hadi menyebut, nelayan masih menunggu proses cetak hingga kartu nelayan Kusuka diserahterimakan, karena kartu nelayan Kusuka dianggap memiliki kemanfaatan yang sangat besar seperti mengakses BBM maupun bantuan nelayan lebih mudah dan cepat.

 

Kartu nelayan Kusuka menjadi harapan nelayan kecil untuk mendapatkan BBM bersubsidi sesuai perpres nomor 191 tahun 2014 tentang penyediaan, pendistribusian, dan harga jual eceran bahan bakar minyak, tanpa mengandalkan surat rekomendasi dinas dalam pembelian BBM bersubsidi.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x