Kompas TV regional berita daerah

IDI Jateng Siap Kirim Dokter Paru Bantu Korban Semeru

Kompas.tv - 14 Desember 2021, 12:44 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Ditemui saat menghadiri pelantikan pengurus Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) cabang Jawa Tengah, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) cabang Jawa Tengah, Djoko Handojo menegaskan, sejauh ini belum ada permintaan bantuan dokter untuk dikirim ke Lumajang, Jawa Timur. Meski demikian, IDI Jawa Tengah menyatakan kesiapannya jika dokter- dokter Jawa Tengah diperlukan untuk membantu di daerah erupsi Gunung Semeru. Pihaknya sudah menyiapkan dokter- dokter yang diperlukan termasuk dokter paru.

"Kini kami belum memberangkatkan, tapi kami sudah memberikan bantuan. Mengapa demikian, kami sebelum memberangkatkan kami selalu melakukan koordinasi dulu, dengan IDI wilayah Jawa Timur dan juga dengan teman-teman yang ada," kata Djoko Handojo.

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Pusat, Agus Dwi Susanto, meminta agar dokter paru yang nantinya bertugas membantu korban erupsi Gunung Semeru terus memberikan pelayanan kesehatan yang baik. Menurutnya  dampak dari menghirup abu erupsi Gunung Semeru bisa menimbulkan ispa.

"Kita siap juga melakukan kegiatan pelayanan apabila diperlukan. Tim medis kita siap, termasuk yang di Jawa Timur maupun Malang mereka sudah turun ke lapangan," ujar Agus Dwi Susanto.

Ketua PDPI Pusat meminta agar pengurus PDPI cabang Jawa Tengah yang diketuai Sofyan Budi Raharjo bisa melaksanakan tugasnya dengan baik ke depannya. Dan gencar sosialisasi ke masyarakat terkait pencegahan 5 penyakit pernapasan yang perlu diwaspadai. Seperti penyakit paru obstruktif kronik, asma,infeksi saluran napas bawah akut, tbc, dan kanker paru.

#idi #dokterparu #gunungsemeru

 

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x