Kompas TV regional berita daerah

Siaga, Merapi Erupsi Disertai Awan Panas

Kompas.tv - 13 Desember 2021, 13:14 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SLEMAN, KOMPAS. TV - Dari video amatir warga, Gunung Merapi di Perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta kembali erupsi pada Minggu (12/12/21) siang. Berdasarkan catatan petugas pos pemantauan Gunung Merapi, awan panas guguran terjadi sekitar pukul 10.18 WIB, dengan amplitudo 27 milimeter berdurasi 158 detik.

Diperkirakan, jarak luncur guguran awan panas kali ini sejauh 2 kilometer, mengarah ke hulu Sungai Bebeng di Sleman, Yogyakarta. Petugas pos pemantauan Gunung Merapi menghimbau warga mewaspadai potensi hujan abu akibat erupsi Gunung Merapi.

Selain awan panas guguran, petugas pos pemantauan Gunung Merapi juga mencatat terjadi beberapa kali guguran lava pada periode 00.00 WIB hingga 12.00 WIB hari Minggu (12/12/21). Luncuran guguran lava pada periode itu dominan ke arah barat daya dengan jarak luncur maksimal 2 kilometer.

Hingga saat ini (Minggu, 12/12/21) status gunung merapi masih berada di level tiga atau siaga. Pihak BPPTKG Yogyakarta menghimbau warga dan wisatawan tidak melakukan kegiatan di dalam zona bahaya yang direkomendasikan yaitu radius 5 kilometer dari puncak. 

#gunungmerapi #awanpanas #erupsi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x