Kompas TV regional berita daerah

Jalan Veteran Martapura Masih Terendam, Dulu Kawasan Resapan Air, Kini Jadi Langganan Banjir

Kompas.tv - 10 Desember 2021, 23:53 WIB

BANJAR, KOMPAS.TV - Sepekan sudah warga di kawasan Jalan Veteran Martapura, Kabupaten banjar, Kalsel ini masih harus merasakan genangan air di tempat mereka.

Meski intensitas hujan di Kota Martapura masih dalam ambang batas normal, namun kawasan yang dulunya menjadi daerah resapan air ini kini menjadi kawasan langganan banjir.

Baca Juga: Bersiap Hadapi Banjir, BPBD Banjar Susun Revisi Rencana Kontinjensi

Pasalnya selain berada tepat berdampingan dengan Sungai Breman, kawasan pemukiman warga ini juga tak lagi dapat menampung air hujan kiriman dari beberapa kawasan lainnya saat musim hujan mengguyur Kota Martapura.

Luapan air Sungai Breman ditambah meningkatnya pertumbuhan pertokoan dan perumahan di jalan Veteran membuat kawasan pemukiman warga ini terpaksa menjadi satu satunya tempat air berkumpul saat musim penghujan.

"Sekitar seminggu, naik terus airnya, apalagi kalau ada hujan, sungai ini sudah dangkal, tidak ada pengerukan," ucap warga, Mahfuz.

Baca Juga: Banjir Rob di Jalan Prona I Banjarmasin, Warga Harapkan Perhatian Pemerintah

Semakin menipisnya area ruang resapan air saat musim penghujan, membuat kawasan Jalan Veteran menjadi salah satu kawasan terparah terendam banjir saat musim penghujan karena menjadi salah satu dataran terendah di Kota Martapura.

Ironisnya lagi, Sungai Breman yang dulunya menjadi sungai penampung aliran air dari Kota Banjarbaru dan Kota Martapura juga telah lama tak pernah dilakukan normalisasi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x