Kompas TV regional berita daerah

Sampah Meluber Tutupi Jalan Akibat Banjir, Petugas Kebersihan Kerja Lembur

Kompas.tv - 10 Desember 2021, 22:29 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Melubernya sampah hingga menutupi separuh jalan, membuat para petugas kebersihan harus berkerja ekstra membersihkan tempat pembuangan sampah atau TPS di Jalan Belitung, Banjarmasin pada kamis siang (9/12/2021).

Baca Juga: Banjir Rob Landa Banjarmasin, Warga : Debit Air Lebih Tinggi dari Banjir Awal Tahun

Mereka mengaku mendapat lembur untuk menuntaskan sampah bekas banjir termasuk sampah rumah tangga yang ada di tps dengan uang tambahan sebanyak 50 ribu rupiah untuk kembali diangkut ke pembuangan akhir sampah.

"Bekas banjir, yang banyak ditemukan sampah barang rumah tangga, lemari. ini sudah dua tarmada, belum habis," ungkap Hidayat, seorang petugas kebersihan.

Sementara TPS di kawasan Jalan Jafri Zam-Zam juga nampak dipenuhi dengan tumpukan yang meluber ke jalan.

Selain juga nampak terlihat sejumlah warga yang membuang sampah di siang hari, meski di luar jam yang sudah ditentukan antara pukul 6 sore hingga 6 pagi.

Baca Juga: Banjir Masuk dalam Rumah, Warga Banjarmasin Buat Ranjang Lebih Tinggi

Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin tak menampik adanya masyarakat yang mebuang sampah di luar jam yang ditentukan.

Namun pihaknya meminta masyarakat bisa bekerja sama dengan membungkus sampahnya dengan rapi agar bisa terakomodir dengan optimal.

Di tengah kondisi hujan dan meluapnya sungai-sungai yang dipengaruhi pasang air laut dari efek La Nina disebut DLH Kota Banjarmasin menyebabkan bertambahnya volume sampah hingga mencapai 25 ton per hari yang normalnya hanya berkisar 400 ton sampah.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x