Kompas TV regional berita daerah

Anjing K9 Diterjunkan untuk Mencari Jenazah di Lokasi Bencana Semeru

Kompas.tv - 10 Desember 2021, 10:40 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Anjing pelacak dikerahkan ke lokasi bencana awan panas guguran gunung semeru untuk membantu pencarian korban yang tertimbun material vulkanik. Dalam pencarian itu, tim evakuasi menemukan bagian jenazah dan potongan baju.

Medan terjal harus dihadapi tim gabungan saat mencari jenazah korban bencana semeru, pada Kamis (9/12/2021). Akses jalan yang sempit ditambah dengan aktivitas gunung semeru yang masih fluktuatif membuat tim gabungan harus berpacu dengan waktu dalam proses pencarian jenazah.

Untuk membantu proses pencarian, anjing pelacak K-9 diterjunkan ke lokasi, seperti anjing hitam yang bernama katy.

Baca Juga: 4 Lokasi Tambang Tertimbun Material Vulkanik Semeru, Sejumlah Pekerja Dilaporkan Hilang

Kasubdit Gasum Dit Samapta Polda Jatim, AKBP David Subagio mengatakan bahwa sebanyak 8 anjing K-9 itu kemudian dibagi menjadi 4 tim untuk menyusur lokasi seperti di Curah Kobokan dan area tambang pasir di kajar kuning.

Saat mengikuti proses evakuasi, Jurnalis Kompas TV, Fransisco Donasiano bersama tim evakuasi, Katy menunjukan gelagat dengan mengendus dan mengorek gundukan tanah. Benar saja, saat dilakukan penggalian, tim pencarian menemukan bagian jenazah  di lokasi tersebut.

Tidak hanya sampai disitu, Katy juga mengendus bau dari arah bukit di daerah tambang pasir. Saat pendakian, tim evakuasi pun menemukan sejumlah potongan pakaian di lokasi.

 

#AnjingK9 #GunungSemeru #Jenazah #KorbanMeninggal



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x