Kompas TV regional berita daerah

Inovasi Satu Desa Satu TK Negeri

Kompas.tv - 7 Desember 2021, 12:25 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

KLUNGKUNG, KOMPAS TV - Progam Satu Desa Satu TK Negeri, dalam situasi pandemi Covid-19 ini terus didengungkan dan dimaksimalkan Pemerintah Kabupaten Klungkung. Seperti diketahui, Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta satu persatu menegerikan Taman Kanak-Kanak yang awalnya dikelola pihak desa, sehingga menjadi TK Negeri.

Program inovasi besutan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta ini, sudah digagas sejak tahun 2018 silam, namun lantaran terkendala pandemi Covid-19, pelaksanaanya sedikit terhambat, namun lambat laun upaya tersebut terus dilakukan. Satu persatu TK yang sebelumnya dikelola oleh desa, saat ini dijadikan TK negeri, yang otomatis semua kegiatan dibiayai pemerintah daerah, termasuk gaji pegawai dan penyediaan fasilitasnya. 

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta menargetkan tahun 2022 setiap desa/kelurahan di Kabupaten Klungkung memiliki TK negeri. Dengan ini diharapkan angka partisipasi pendidikan di TK semakin meningkat, mengingat setelah dinegerikan, TK itu menjadi tanggung jawab pemerintah daerah dan siswa tidak perlu lagi membayar SPP di TK negeri tersebut.

Program inovasi Satu Desa Satu TK Negeri dimulai sejak tahun 2018, hingga saat ini sudah 34 TK yang dinegerikan. dari 53 desa dan 6 kelurahan di Kabupaten Klungkung. Tahun 2021, sebanyak 16 tk dinegerikan, masing-masing di Kecamatan Nusa Penida sebanyak 5 TK, Kecamatan Dawan 4 TK, Kecamatan Banjarangkan 4 TK dan Kecamatan Klungkung 3 TK. 

Selain dinegerikan, program ini akan berlanjut dengan melengkapi TK negeri tersebut dengan satu unit mobil antar jemput siswa.

 

 

 

#inovasi #satudesasatutknegeri #klungkung

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x