Kompas TV regional berita daerah

Banjir Belum Surut, Warga Minta Segera Ada Penanganan

Kompas.tv - 5 Desember 2021, 12:16 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Beginilah kondisi ratusan rumah di Desa Randusanga Kulon dan Randusanga Wetan Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, yang terendam banjir air rob, jumat pagi. Hampir sebagian besar rumah yang berada di pinggir Sungai Sigeleng tergenang banjir rob.

 

Banjir rob mulai meninggi pada jam tiga dini hari hingga jam enam pagi. Genangan  

Air rob masuk ke dalam rumah warga hingga setinggi tiga puluh sampai empat puluh sentimeter. Mengantisipasi adanya warga yang perlu dievakuasi, dua buah perahu karet disiagakan di kantor kepala Desa setempat. 

 

Personil dari TNI dan Relawan BPBD juga terus melakukan penyisiran ke pemukiman untuk membantu warga. Warga terpaksa mengamankan perabotan ke tempat yang lebih aman agar tidak rusak. Tak hanya rumah, banjir rob juga menggenangi jalan utama Desa setempat dan ratusan hektar tambak.

 

Banjir juga mengakibatkan aktivitas warga terganggu. Warga kesulitan memasak untuk membuat sarapan pagi. Genangan rob mulai menyusut menjelang tengah hari. Banjir rob ini merupakan yang keempat kalinya terparah sejak sebulan terakhir. 

 

Banjir rob ini sudah menjadi bencana tahunan, namun belum ada penanganan serius dari pemerintah. Warga berharap pemerintah segera membangun sabuk pantai dan melakukan normalisasi Sungai Sigeleng untuk mencegah air rob masuk ke pemukiman.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x