Kompas TV regional berita daerah

Takut Kembali Ke Rumah, Korban Longsor Bertahan Di Pengungsian

Kompas.tv - 29 November 2021, 19:08 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

PONOROGO, KOMPAS.TV - 9 hari pasca longsor yang menerjang Desa Tugurejo,  Ponorogo, Jawa Timur,  puluhan warga masih bertahan di pengungsian. Meski bantuan masih terus berdatangan,  namun warga ketakutan kembali kerumah dan ingin segera relokasi ke tempat yang lebih aman.

Sedikitnya ada 31 warga Dusun Tugunongko, Desa Tugurejo, Kecamatan Slahung, Ponorogo, masih bertahan di 4 titik pengungsian. Hanya sesekali saat siang hari, para pria mengurusi ternak mereka lalu kembali ke pengungsian.

Hingga kini warga masih ketakutan jika harus kembali pulang ke rumah. Cuaca buruk yang melanda wilayah ini,  berpotensi tinggi terjadi longsor susulan yang mengancam jiwa dan permukiman mereka.

Warga pun berharap, pemerintah daerah segera mewujudkan bantuan relokasi yang pernah dijanjikan bupati beberapa waktu lalu.

Sementara, BPBD Ponorogo belum bisa menargetkan kapan pengungsian ini akan berakhir.  BPBD masih fokus pada perkembangan pergerakan tanah dan potensi longsor susulan, serta penyaluran bantuan makan dan kesehatan untuk para pengungsi.

Pemerintah Desa Tugurejo telah menyediakan beberapa lahan untuk relokasi puluhan warga ini. Hanya saja,  kepastian bantuan untuk perpindahan permukiman dan pembangunan rumah - rumah terdampak ini, menjadi kewenangan pemerintah daerah Ponorogo.

#beritaponorogo
#longsor
#longsorponorogo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x