Kompas TV regional berita daerah

Jangan dibuang! Minyak Jelantah Bisa Diolah Jadi Sabun Cuci Pakaian

Kompas.tv - 29 November 2021, 14:09 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV ­– Bagi kebanyakan orang, minyak jelantah atau limbah minyak goreng biasanya langsung dibuang begitu saja karena sudah tidak digunakan lagi.

Namun rupanya, membuang minyak jelantah sembarangan dapat berdampak buruk pada lingkungan.

Baca Juga: Satrategi Perajin Batik Tulis Lampung Agar Tetap Produktif Ditengah Pandemi

Oleh karena itu, guna memanfaatkan sisa minyak goreng tak terpakai. Sekelompok ibu PKK Kelurahan Susunan Baru, Tanjung Karang Barat, Bandar Lampung membuat inovasi mengolah limbah minyak jelantah menjadi sabun cuci khusus pakaian.

Menggunakan alat dan bahan sederhana, minyak jelantah yang dikumpulkan dari setiap  kader PKK ini, kemudian dicampur dengan bahan lainnya, seperti air, pewangi pakaian, pewarna makanan, serta soda api yang diaduk rata hingga mengental dan langsung dicetak sesuai keinginan.

“Kalau sabun itu kan untuk mencuci pakaian. Kalau kami ini juga, untuk menjaga lingkungan,” ujar Ketua PKK Kelurahan Susunan Baru Alimah.

Setidaknya, sabun cuci pakaian dari minyak jelantah telah berhasil meraih sejumlah penghargaan sebagai produk unggulan kelurahan berprestasi. Baik dari Pemerintah Kota Bandar Lampung maupun provinsi, yang dinilai mampu mengatasi permasalahan limbah minyak jelantah dan berdampak baik pada lingkungan.

Untuk pendistribusian sabun cuci dari minyak jelantah sendiri, saat ini masih digunakan bagi para kader PKK Susunan Baru.

Baca Juga: Kreatif! Mahasiswa Sulap Limbah Kayu Jadi Mobil Mainan

Namun kedepan, diharapakan adanya upaya Pemerintah Kota Bandar Lampung untuk membantu proses pendistribusian yang lebih luas dan dapat menjangkau masyakarat lainnya.

#minyakjelantah #sabuncuci #lingkungan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x