Kompas TV regional berita daerah

Wayang Bengkong, Hingga Kini Tetap Dipentaskan

Kompas.tv - 24 November 2021, 12:37 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

REMBANG, KOMPAS.TV - Kesenian wayang bengkong menjadi ciri khas warga Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Warga di sini tetap melestarikan seni wayang bengkong yang nyaris punah. Uniknya warga bengkong dimainkan tidak menggunakan suara gamelan, melainkan menggunakan suara asli dari sang dalang.

Wayang bengkong berasal dari Desa Kajar, Lasem, Kabupaten Rembang ini dulunya menjadi tontonan wajib setiap ada hajatan seperti khitanan atau pernikahan. Saat ini pementasan wayang bengkong digelar di lokasi situs sejarah batu lingga. Warga yang datang juga turut membawa sesaji berupa satu ekor ayam dan dua buah kelapa serta beberapa sesaji lainnya untuk digunakan syarat dalam ritual pementasan wayang bengkong.

Kesenian wayang bengkong dimainkan oleh tiga tokoh wayang. Masing-masing memerankan tokoh Mbah Bengkong, Bagus Panji serta tokoh wanita bernama Sri. Wayang Bengkong mempunyai ciri khas iring - iringan irama gamelan pengiring berasal dari mulut niyaga. Dengan melestarikan budaya sama seperti menjaga harta leluhur kita.

#wayangbengkong #lasem #rembang

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x