Kompas TV regional berita daerah

JFC Virtue Fantasy Suguhkan 9 Defile Fauna, Bawa Pesan Kepedulian di Saat Pandemi

Kompas.tv - 23 November 2021, 14:26 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Jember Fashion Carnaval kembali digelar dengan tema virtue fantasy di Kabupaten Jember Jawa Timur. Karena masih di situasi pandemi Covid-19, JFC 2021 digelar dalam ruangan. Ada 9 defile busana fauna, yang menggambarkan pentingnya kepedulian di masa pandemi.

Setelah sempat tertunda karena pandemi Covid-19, Grand Carnival Jember Fashion Carnaval 2021, bertema virtue fantasy, akhirnya dapat di gelar, pada Minggu (21/11/2021).

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, JFC ke 19 digelar di dalam ruangan di ballroom sebuah hotel di Kabupaten Jember. Peserta dan penonton yang hadir wajib tes swab antigen dan sudah vaksin dosis lengkap.

Baca Juga: Jember Fashion Carnaval 2021 dengan Tema Virtue Fantasy

Grand Carnival JFC 2021 diawali dengan penampilan Putri Indonesia Lingkungan 2020, Putu Ayu Saraswati dengan kostum komodo. Lalu dilanjutkan dengan 9 defile dengan kostum bertema hewan fantasi, yakni flamingo, sea dragon, unicorn, dragonfly, elephant, honey bee, dove dan lion.

JFC kali ini menggambarkan nilai-nilai kehidupan dalam hewan fantasy, seperti kelahiran, kesetiaan, kebijaksanaan, kepedulian atau berbagi dan kepemimpinan. Nilai-nilai itu perlu diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama di saat pandemi Covid-19.

Presiden JFC, Budi Setiawan mengatakan bahwa peserta JFC merupakan volunteer yang menyiapkan dan membuat kostum secara mandiri. Peserta juga menyiapkan gerakan tari sesuai tema masing-masing defile.

Baca Juga: Jember Fashion Carnaval 2021, Kebangkitan Wisata Budaya Kesenian Di Era Pandemi

Bupati Jember, Hendy Siswanto mengatakan bahwa ajang karnaval busana JFC diharapkan mampu mengakomodir kreatifitas seni budaya dan dapat membangkitan pariwisata Jember dan Indonesia, yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19.

JFC telah menjadi icon carnaval modern Jember dan Indonesia. Sebelum pandemi Covid-19, JFC selalu digelar di alun-alun dan jalan protokol Kota Jember dengan catwalk sepanjang 3,6 kilometer.

 

#JFC2021 #JFC19 #VirtuaFantasy #JemberFashionCarnaval



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x