Kompas TV regional berita daerah

Idap Autoimun, Warga Brebes Kulitnya Melepuh

Kompas.tv - 23 November 2021, 11:55 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

REBES, KOMPAS.TV - Seorang warga Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, mengidap penyakit autoimun, yang menyebabkan kulitnya melepuh dan harus dibungkus plastik. Sebelum kondisinya parah, lelaki yang tinggal sendiri diperantauan ini, penyakitnya tidak ditangani secara medis karena kekurangan biaya. 

Mohamad Abdul Goni, warga Desa Cipelem, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, kini masih dalam penangan intensif di rumah sakit umum daerah  (RSUD) Kabupaten Brebes. Kondisi kulit di sekujur tubuhnya melepuh dan harus dibungkus plastik, agar tidak terinfeksi bakteri. Dari hasil pemeriksaan awal, ia didiagnosis pengidap penyakit autoimun. 

Sebelumnya, Goni sempat mengeluhkan sariawan yang tak kunjung sembuh. Karena keterbatasan ekonomi dan tinggal seorang diri di perantauan di daerah Ketapang, Kalimantan Barat sebagai pedagang nasi goreng, ia tidak pernah memeriksakan diri ke dokter. Ia hanya mengkonsumsi obat warung selama satu setengah bulan. Video yang memperlihatkan kondisi penyakitnya juga sempat viral di media sosial, hingga akhirnya teman dan kerabatnya datang untuk membawanya pulang dan kemudian dibawa ke rumah sakit. 

Menurut dokter Yosep C Bagaskoro, Dokter RSUD Brebes, kondisi kulit melupas pada diri Gori, karena autoimun. "Imun tubuh bapak ini yang harusnya melawan virus dan bakteri, itu menyerang kulitnya sendiri," katanya. Hingga saat ini dokter di RSUD Brebes masih melakukan pemeriksaan lanjutan untuk mengetahui penyakit pasti yang diidap Goni. Namun dari hasil pemeriksaan sementara, penyakit ini bisa jadi dipicu karena alergi obat-obatan. 

#autoimun #rsudbrebes #kulitmelepuh 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x