Kompas TV regional berita daerah

Perbukitan Sebantung Longsor Tutup Akses Jalan

Kompas.tv - 17 November 2021, 10:24 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Hujan deras menyebabkan longsor di Perbukitan Sebantung, Kulon Progo, Yogyakarta. Longsor menyebabkan akses jalan menuju Wates putus tertimbun material longsoran. 

Tanah longsor ini terjadi di sejumlah titik di Perbukitan Sebantung, Kulon Progo, Yogyakarta pada senin siang (15/11/21). Salah satu titik longsor dengan volume material terbilang besar terjadi di Dusun Kembang. Di lokasi ini, bukit dengan ketinggian puluhan meter longsor dan menimbun badan jalan sepanjang lima puluh meter. 

Akibat kejadian ini akses jalan menuju ke Wates  dan sebaliknya terputus, akibat tertutup material longsoran. Para pengguna sepeda motor yang hendak pulang ke rumah seusai bekerja terpaksa meninggalkan kendaraannya di permukiman terdekat dan memilih melewati longsor dengan berjalan kaki. Pembersihan jalan belum bisa dilakukan secepatnya karena kondisi tanah masih labil dan dikhawatirkan akan terjadi longsor susulan, mengingat intensitas hujan masih tinggi di wilayah ini. Kapolsek Girimulyo AKP Yulli H mengatakan longsor terjadi setelah guyuran hujan yang terjadi sekitar satu setengah jam. "longsoran ini mengakibatkan akses jalan tertutup, sehingga untuk sementara, jalan tidak bisa dilewati," jelas Kapolsek. 

Selain menutup akses jalan, longsor juga merusak jaringan listrik yang menyebabkan mati lampu di sejumlah dusun. Untuk mengantisipasi longsor susulan akibat guyuran hujan deras, tim Sar dan petugas BPBD bersama aparat TNI-Polri telah disiagakan di sekitar Perbukitan Sebantung. 

#perbukitansebantung #waspadalongsor #bpbd



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x