Kompas TV regional berita daerah

Banjir Terjang Tiga Kabupaten di Pegunungan Meratus, Bantuan Logistik Diperkuat

Kompas.tv - 16 November 2021, 19:38 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan mencatat sekitar  176 kepala keluarga dan 704 jiwa yang terdampak banjir di Kabupaten Balangan.

Sementara di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Selatan sebanyak 4 kepala keluarga dengan 12 jiwa sedangkan di  Kabupaten Hulu Sungai Tengah tercatat sebanyak  3.834 kepala keluarga  dengan  14.274 jiwa.

Baca Juga: 3 Kabupaten di Kalsel Dilanda Banjir, BPBD Akui Berpotensi Lebih Parah

Taruna Siaga Bencana Dinas Sosial Kalimantan Selatan membuka dapur umum untuk masyarakat terdampak banjir dengan menyiapkan dua ribu bungkus makanan sekali masak di wilayah terparah yaitu di Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan mengaku sudah mengantisipasi adanya bencana sejak 8 november lalu dengan memperkuat bantuan barang persediaan logistik pada dinas sosial kabupaten yang rawan terjadinya bencana banjir.

Dimana masing-masingnya disediakan sebanyak 100 juta rupiah.

"Penguatan telah kami lakukan terutama untuk logistik, peralatan keluarga dan sebagainya sudah ada di kantong-kantong bencananya," terang Kasi Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Dinsos Kalsel, Achmadi.

Baca Juga: Tanggul Jebol, Tiga Rumah Warga di Desa Lungau Kandangan Diterjang Air

Banjir di Kalimantan Selatan dengan dengan ketinggian air bervariasi dari 30 hingga 70 centimeter ini yang kedua kalinya dalam cakupan luas setelah sebelumnya pada januari 2021 juga melanda sejumlah kabupaten/ kota .

Sementara hingga selasa siang (16/11/2021)  kondisi banjir di Kabupaten Balangan sudah berangsur surut dan warga mulai beraktivitas kembali, sementara Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Hulu Sungai Tengah masih terendam.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x