Kompas TV regional berita daerah

Raih Untung Jutaan Rupiah dari Kreasi Cantik dengan Kardus Bekas

Kompas.tv - 10 November 2021, 11:09 WIB
Penulis : Akbar Prabowo

KOMPAS.TV - Bagi sebagian orang, kardus yang sudah dipakai mungkin hanya sampah yang tidak bermanfaat lagi. Namun bagi Junaidi Lasabuda, kardus bekas dapat menjadi barang yang berguna dan bernilai ekonomi.

Warga Kelurahan Motoboi Besar, Kecamatan Kotamobagu Selatan, Sulawesi Utara itu mampu memanfaatkan kardus bekas menjadi  karya yang cantik dan unik seperti kotak hantaran pernikahan, patung,  bingkai foto, serta replica meriam zaman dulu.

Baca Juga: Inovasi Anak Indonesia, Berkreasi dan Berinovasi dari Rumah

Berawal dari coba-coba, hasil kerajinan tangannya menarik perhatian banyak kalangan sehingga Junaidi banjir pesanan. Tidak hanya warga Kotamobagu saja, hasil karya Junaidi juga banyak dilirik warga dari luar daerah seperti Manado hingga Makasar.

Harga hasil karya Junaidi bervariasi, mulai dari Rp150.000 hingga Rp250.000 tergantung ukuran dan motif yang diinginkan. Junaidi tak segan memberikan potongan harga, jika ada yang memesan dalam jumlah banyak.

Baca Juga: Geliat Ekonomi Kreatif Raja Ampat

Meski masih di masa pandemi Covid-19, usaha Junaidi mampu meraup untung hingga Rp6.000.000 per bulannya. Ia berharap usahanya dapat memotivasi orang lain untuk terus berkarya, menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi keluarga dan orang lain.

Video editor: Jihan Zahirah
 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x