Kompas TV regional berita daerah

Kerasnya Tempaan Kerajinan Perak Kala Pandemi

Kompas.tv - 9 November 2021, 23:27 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

BANDUNG. KOMPAS. TV - Berbagai strategi ditempuh pelaku umkm agar bisa bangkit dari pandemi seperti halnya umkm yang berkecimpung dalam kerajinan perhiasan perak dan batu alam asal bandung ini kendati sempat terpuruk namun setelah melakukan beberapa terobosan membuatnya bertahan di tengah pandemi.

Sempat terpuruk akibat terdampak pandemi covid 19 tidak menyurutkan semangat nur nuraningsih suharto dalam mempertahankan  bisnis kerajinan perhiasan perak dan batu alam di tengah pandemi covid 19.

Selain penjualan terhenti  umkm yang berdiri sejak tahun 2007 ini juga mengurangi  karyawan dan membatasi produksi akibat dampak langsung yang dirasakan saat pandemi mulai terjadi.

Di rumahnya yang sekaligus jadi tempat produksi di jalan emung kecamatan lengkong kota bandung jawa barat nur berusaha bangkit dari pandemi dengan melakukan terobosan di antaranya memproduksi cincin jepitan dasi dengan target pasar pria.

Satrategi ini membuahkan hasil hingga kini bisnis kerajinan perhiasan perak dan batu alam nbee stone and sliver ini tetap eksis di tengah terpuruknya ekonomi akibat pandemi.

Selain berinovasi melakukan tertobosan produk perhiasankonsisten  mempertahankan kualitas produksi perhiasan dengan cara handmademenjadi bagian dari strategi bisnis yang tetap dijaga.

Kendati dengan menggunakan peralatan sederhana butuh keahlian khusus dan kesabaran untuk membuat kerajinan perhiasan dengan bahan dasar perak dan batu alam ini.

Untuk satu kerajinan perhiasan ini di bandrol mulai dari kisaran 295 ribu hingga tiga juta rupiah harga tergantung tingkat kesulitan dan kualitas bahan baku yang digunakan.

2018 kiprah nbee stone and silver tidak lepas dari peranan bank indonesia melalui pelatihan peningkatan s-d-m dan  managemen keuangan menjadi wujud konsistensi bi dalam membina para umkm agar bisa terus berkembang.

Sejumlah pejabat  di beberapa era seperti ibu kepala negara  sempat mengoleksi karya kerajinan perhiasan perak hasil tempaan umkm asal bandung ini.

Selain pemasaran di dalam negeri produk dari kerajinan perhiasan silver dan batu alam ini sempat dipasarkan di mancanegara melalui pameran di antaranya negara-negara asia seperti  taiwan dan hongkong kemudian melbourne hingga negara timur tengah  aljazair.

Untuk lebih tahu berita terup date seputarJawa Barat, bisa klik link di bawah .

IG:https://www.instagram.com/kompastvjabar/

Youtube:https://www.youtube.com/c/kompastvjaw...

Twitter:https://www.twitter.com/kompastv_jabar/

Facebook:https://www.Facebook.com/kompastvjabar/

Artikel ini bisa dilihat di : https://www.kompas.tv/article/229881/...

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x