Kompas TV regional berita daerah

Masa Pandemi, Bangkitkan UMKM Dari Hutan Jati

Kompas.tv - 9 November 2021, 18:02 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Pujasalika, atau pusat belanja sahabat Kalisalak, lokasinya di bawah hutan jati di Desa Kalisalak, Kabupaten Batang. Tempat ini menawarkan berbagai macam aneka jajanan ringan dan sarapan untuk pengunjungnya. 

 

Bahkan tidak ketinggalan, makanan tradisional seperti biji salak, risol, sampai dengan kue kering bisa dinikmati para pengunjung. Bahkan apabila tidak sempat belanja, Pujasalika menawarkan berbagai macam sayur-sayuran untuk dimasak. 

 

Disini ada 43 pelaku UMKM yang merupakan warga asli Desa Kalisalak menjajakan jualannya. Dibuatnya Pujasalika merupakan upaya pemerintah Desa bekerjasama dengan tim penggerak PKK agar para pelaku UMKM bisa bangkit di masa pandemi Covid-19. 

 

Adanya Pujasalika diapresiasi oleh camat Batang luksono pramudito yang mendukung bangkitnya UMKM di masa pandemi Covid-19. Namun ia berpesan agar protokol kesehatan terus dijalankan selama Pujasalika digelar. 

 

Pujasalika buka setiap minggu tiap pekannya, selain bisa berbelanja makanan maupun lauk pauk, juga bisa menikmati live musik agar menarik minat pengunjung. Adanya Pujasalika disambut baik oleh pelaku UMKM karena ada pemasukan tambahan keluarga.

 

Disini selain menawarkan makanan dan minuman, warga dapat mengecek kesehatannya, menyumbang sampah di bank sampah, sampai melihat pembuatan pernak pernik dari plastik bekas.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x