Kompas TV regional berita daerah

BKSDA Lepas 15 Satwa Termasuk Cendrawasih Kembali Ke Habitatnya

Kompas.tv - 8 November 2021, 19:55 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Setelah melewati proses karantina yang panjang,  kerjasama Balai Besar Konservasi  Sumber Daya Alam, serta Kilang Pertamina Internasional Unit Kasim, melepaskan beberapa jenis satwa yang dilindungi, termasuk salah satunya cendrawasih.

Ada kurang lebih 15 jenis satwa dilindungi yang dilepas liarkan di kawasan taman wisata alam Sorong. Sebelum di lepas liarkan, sejumlah satwa ini telah di karantina hingga mereka dapat menyatu dengan alamnya.

15 jenis satwa ini diantaranya 5 cendrawasih ekor kuning kecil, cendrawasih mati kawat 1 ekor, toowa cemerlang 3 ekor, cendrawasih raja 2 ekor, kakatua koki 3 ekor dan kasturi kepala hitam 1 ekor. Semua satwa ini dalam kondisi sehat.

Dari 15 satwa yang dilindungi ini salah satunya merupakan satwa trans lokasi dari luar papua, yang dikirimkan dan direhabilitasi agar bisa menyesuaikan dengan alam di Taman Wisata Alam Kota Sorong.

BKSDA terus menghimbau kepada masyarakat agar tidak memelihara satwa yang dilindung, dan akan menindak tegas warga yang berusaha menangkap serta memperjualbelikan satwa yang dilindungi.

Sementara itu keikutsertaan kilang pertamina internasional unit kasim, sebagai wujud mendukung program kelestarian lingkungan yang ada di Papua maupun Papua Barat, sehingga seluruh satwa dan kelestarian alamnya tetap terjaga.

#SorongPapuaBarat #PelepasanSatwaLangka #BKSDA



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x