Kompas TV regional berita daerah

Bisnis Jasa Konsultan dan Ternak Murai Menggiurkan

Kompas.tv - 8 November 2021, 14:52 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Di era ekonomi kreatif tidak hanya pembangunan rumah yang membutuhkan jasa konsultan, namun beternak burung murai batu juga membutuhkan bimbingan konsultan.

Setiap hari Ananda Catur Pamungkas sibuk dengan 189 burung murai batu yang merupakan titipan dari para pelanggannya. Warga Desa Bebel, Wonokerto, Kabupaten Pekalongan ini, merupakan pemuda yang menerima jasa ternak dan konsultan burung murai batu.

Di sini dirinya mengembangbiakkan burung murai batu milik pelanggan, dari mulai mengawinkan, menetaskan telur sampai sekolah anakan. Bahkan sekolah anakan burung murai sampai berkicau bisa juga dilakukan di kediamannya.

Jasa ternak dan konsultan dilakoni catur sudah selama tujuh bulan. Kebanyakan pelanggannya dari Kudus, Jepara, Semarang sampai Jakarta.

Ide jasa ternak dan konsultan berawal dari keprihatinannya banyak warga yang gagal mengembangbiakkan burung murai. Ia berniat membantu agar masyarakat bisa beternak burung murai secara baik sampai berkicau bahkan ikut perlombaan.

Bahkan Catur bolak balik ke kandang burung murai milik pelanggannya di luar kota memastikan ternaknya berhasil. Apa yang dilakukan Catur merupakan cara mendapatkan penghasilan lebih di masa pandemi Covid-19.

"Kita mendapingi tema-teman yang akan memulai beternak, khususnya burung murai batu. Dari awal konsep kandang, letak tata ruang, kita yang menatakan. Indukannya nanti kita yang akan pilihkan," kata Catur.

Catur berharap adanya perhatian pemerintah kepada para peternak burung seperti menggelar perlombaan burung berkicau agar kelestariannya tetap terjaga.

#muraibatu #pekalongan #ternakmuraibatu

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x