Kompas TV regional kesehatan

Vaksinator Jalan Kaki ke Pelosok Desa Untuk Vaksinasi Warga Lansia

Kompas.tv - 7 November 2021, 14:50 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Untuk mencapai target cakupan vaksinasi covid-19 dosis satu sebanyak 80% pada akhir 2021, berbagai upaya dilakukan tenaga kesehatan. Di Kecamatan Cikancung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, para petugas bahkan harus berjalan kaki berkilo-kilometer untuk melakukan vaksinasi menjangkau warga lanjut usia di pelosok desa.

Demi pemerataan vaksinasi covid-19, para dokter, tenaga kesehatan, serta petugas gabungan ini harus menyusuri jalan setapak yang tak jarang pula menanjak.

Membawa seluruh perlengkapan vaksinasi, mereka mendaki bukit sejauh 3-5 kilometer untuk menjangkau warga di pelosok desa di Kampung Cilopang, Cikancung, Kabupaten Bandung.

Sesampainya di permukiman warga, petugas pun mulai bergerilya mencari warga yang bersedia untuk divaksin, terutama yang sudah lanjut usia.

Mereka yang sehat, langsung mendapat suntikan vaksin covid-19 dosis pertama. 

Baca Juga: Persiapan Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun, Orang Tua Diimbau Beri Pengertian Pentingnya Vaksin

Ternyata minat warga untuk divaksin sebenarnya tinggi, tetapi mereka terkendala kendaraan juga tak sempat menyisihkan waktu, karena harus bekerja di ladang. Sementara itu, lokasi vaksinasi massal juga jauh dari rumah mereka.

Dalam sehari, 200-300 dosis vaksin dibawa untuk melakukan vaksinasi dari pintu ke pintu ini.

Upaya vaksinasi jemput bola ini dilakukan, agar bisa mengejar target cakupan vaksinasi 80% minimal untuk dosis pertama pada akhir 2021.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x