Kompas TV regional sosial

Tingkat Pengangguran Terbuka di Jakarta Turun Signifikan, Penurunan Tertinggi Se-Indonesia

Kompas.tv - 6 November 2021, 11:56 WIB
tingkat-pengangguran-terbuka-di-jakarta-turun-signifikan-penurunan-tertinggi-se-indonesia
Ilustrasi tingkat pengangguran terbuka (TPT) di DKI Jakarta. TPT di DKI Jakarta dilaporkan mengalami penurunan yang paling signifikan di Indonesia. (Sumber: KONTAN/Cheppy A. Muchlis)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tingkat pengangguran terbuka (TPT) di DKI Jakarta dilaporkan mengalami penurunan yang paling signifikan di Indonesia.

Kalimat tersebut muncul setelah Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta mengeluarkan hasil perhitungannya tentang jumlah TPT di Ibu Kota selama satu tahun terakhir.

Sepanjang periode tersebut, tepatnya sejak Agustus 2020 hingga Agustus 2021, TPT di Jakarta turun sebanyak 2,45 persen.

"Penurunan TPT Jakarta menjadi yang tertinggi di antara seluruh provinsi di Indonesia," kata Kepala BPS DKI Jakarta Buyung Airlangga, dalam keterangan resminya yang dikutip dari Kompas.com, Sabtu (6/11/2021).

Baca Juga: Per Agustus 2021, Jumlah Pengangguran di Indonesia Capai 9,1 Juta Orang

Buyung menjelaskan, penurunan TPT di Jakarta diketahui terjadi setelah adanya penyerapan tenaga kerja dengan kisaran jumlah hingga 78.000 orang.

"Penurunan jumlah pengangguran terbanyak terjadi pada lulusan SMA yaitu berkurang sekitar 50.000 orang," ungkap Buyung.

Meski begitu, Buyung mengaku, tidak semua wilayah di DKI Jakarta mengalami penurunan TPT. Contoh daerah yang TPT-nya tidak turun yakni Kabupaten Kepulauan Seribu.

"(Sementara itu) penurunan TPT terbesar terjadi di Kota Jakarta Selatan yaitu sebesar 3,46 persen," ujar Buyung.

Dengan demikian, kini TPT di Jakarta berada di angka 8,5 persen dan itu masih menjadi tugas bagi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk menurunkannya hingga bisa di bawah TPT nasional yakni 6,49 persen.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x