Kompas TV regional agama

Dear Warga NU, Inilah Logo Resmi Muktamar NU ke-34, Filosofi di Baliknya Berisi Doa untuk Bangsa

Kompas.tv - 3 November 2021, 17:34 WIB
dear-warga-nu-inilah-logo-resmi-muktamar-nu-ke-34-filosofi-di-baliknya-berisi-doa-untuk-bangsa
Logo resmi Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama. (Sumber: Dokumentasi resmi PBNU)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) secara resmi menluncurkan logo Muktamar NU yang akan digelar di Lampung tanggal 23-26 Desember mendatang. Ternyata, ada filosofi mendalam di balik logo itu.

Dikutip dari situs resmi NU, logo itu diambil dari konsep ikon Provinsi Lampung bernama Menara Siger. Simbol itu juga adalah Menara yang jadi titik nol Sumatera.

Makna filosofis lain adalah, logo itu menggambarkan ciri khas Lampung yang melambangkan keagungan adat budaya dan tingkat kehidupan terhormat.

“Bentuk pilar menjuntai bilangan 34 dalam tulisan Arab menjadi simbol dari Muktamar ke-34 yang menjelaskan estafet dari periode ke periode menuju babak baru,” tulis keterangan resmi logo sebagaimana dikutip KOMPAS TV dari situs resmi NU.

Baca Juga: Muktamar Akhir 2021, Berikut Sederet Nama yang Dijagokan Sebagai Calon Ketum PBNU

Lantas, dari gubahan aksara Arab itu bermakna angka satu yang artinya kemandirian. Di logo itu terdapat sebuah pilar yang bermakna pemersatu bangsa, berpadu dengan warna kuning dan oranye yang bermakna kesemangatan dan kehangatan.

“Warna hijau dalam logo ini menjadi ciri khas NU yang melambangkan kesuburan dan kesejukan,” tambahnya.

Bagi warga Nahdliyin, harapan dari logo ini adalah pada Muktamar NU ke-34 nantinya, siapa pun calon yang terpilih jadi ketua PBNU, dapat menjalin ukhuwah yang baik dan memberikan kedamaian.

“Ukhuwah ini meliputi ukhuwah basyariah, wathaniyah, diniyah dan islamiyah. Sehingga mampu membangun kemandirian Warga NU sebagai pilar pemersatu bangsa,” tutupnya.

Warga NU juga bisa mengunduh logo Muktamar NU di link ini

Baca Juga: TOK! Keputusan Munas Alim Ulama, NU akan Gelar Muktamar 23-25 Desember 2021 di Lampung

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x