Kompas TV regional agama

Muncul Nama Alissa Wahid hingga Teuku Kemal Pasya, Alternatif Calon Ketua PBNU

Kompas.tv - 29 Oktober 2021, 10:05 WIB
muncul-nama-alissa-wahid-hingga-teuku-kemal-pasya-alternatif-calon-ketua-pbnu
Alissa Wahid dan beberapa nama lain masuk sebagai alternatif nama calon ketua PBNU yang diusulkan Forum Muda Nahdliyin Yogyarkarta. (Sumber: KOMPAS.com/Deti Mega Purnamasari)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jelang Muktamar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang digelar di Lampung 23-36 Desember 2021, mulai muncul nama-nama yang diusulkan cocok jadi ketua. Nama petahana Said Aqil Siradj dan Gus Yahya Staquf muncul sebagai dua calon paling serius yang muncul ke publik.

Selain dua nama itu, baru-baru ini muncul daftar nama-nama baru sebagai alternatif calon ketua PBNU. Nama-nama ini diusulkan oleh Forum Muda Nahdliyin Yogyakarta lewat sebuah risalah bernama Risalah Regenerasi Kepempinan PBNU 2022-2027.

Ada banyak nama alternatif muncul dalam risalah itu. Beberapa nama yang diusulkan itu antara lain Putri tertua Gus Dur, Alissa Wahid, Prof. TG Masnun Tahir (NTB), KH. M. Afifudin Dimyathi, atau biasa diapanggi Gus Awis (Jombang), Juri Ardiantoro hingga ulama kharismatik Aceh Teuku Kemal Pasya.

Peneliti dan Aktivis NU, Munawir Aziz menilai banyak calon justru bagus. Ia juga mengingatkan siapa pun itu jadi calon ketua PBNU harus bisa kolaborasi dan konsolidasi banyak kader NU di banyak tempat dan organisasi.

“Siapa pun itu, calonnya harus bisa konsolidasi dan kolaborasi banyak hal, khususnya para kader-kader NU di banvak tempat,” tutur Aktivis NU Munawir Aziz kepada KOMPAS TV Rabu malam (28/10).

Baca Juga: Tipe Ketua PBNU di Masa Depan: Mampu Konsolidasi Jaringan dan Cabang Istimewa NU di Banyak Negara

Forum Muda Nahdliyin Yogyakarta ini merupakan kumpulan para peneliti, akademisi dan aktivis di lingkungan Nadhlatul Ulama, mereka membuat nama-nama calon alternatif ini sebagai alternatif menguatnya nama selain nama Said Aqil Siradj maupun Gus Yahya staquf dalam bursa ketua PBNU mendatang.

“Sejauh ini, kami mencermati jelang Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama (NU) di Lampung, pada 23-25 Desember 2021, wacana regenerasi kepemimpinan di PBNU semakin kuat. Kami mengusulkan nama-nama berikut yang potensial untuk dipertimbangkan masuk ke dalam struktur atau Ketua Tanfidziyah maupun Rais Am PBNU,” tulis Forum Muda Nahdliyin Yogyakarta.

Baca Juga: Forum Nahdliyin Yogyakarta Sodorkan Nama Alternatif Regenerasi Ketua PBNU, Ini Daftar Lengkapnya

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x