Kompas TV regional berita daerah

Noken dan Mahkota Khas Merauke jadi Incaran Pengunjung

Kompas.tv - 8 Oktober 2021, 18:00 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MERAUKE, KOMPAS.TV - Souvenir khas Papua menjadi incaran selama PON 20 Papua berlangsung. Salah satu yang diburu pengunjung di pameran PON adalah noken dan mahkota kepala.

Pameran UMKM yang digelar didepan kantor DPRD Merauke menampilkan sejumlah produk hasil kerajinan lokal kabupaten Merauke. Pameran ini menghadirkan 99 stand dan melibatkan 165 UMKM, dipameran ini dibagi dalam 4 kategori salah satunya cinderamata noken dan mahkota kepala kasuari.

Imakulata Pawenun salah satu peserta pameran yang juga pengrajin noken dan mahkota kepala kasuari menyelaskan bahan baku untuk mahkota dari bulu kasuari diperoleh dari peternak burung kasuari. sementara kerang kecil yang ditempel di mahkota didapat dari tepi pantai. Satu mahkota dibutuhkan waktu 4 jam untuk pengerjaannya. Mahkota bulu kasuari khusus laki laki memiliki asesoris kulit kerang yang memenuhi seluruh bagian mahkota dan diperuntukkan untuk para tetua adat. Mahkota bulu kasuari khusus perempuan memiliki lebih banyak aksesoris kerang dan mempunyai ciri khas bunga dan taring.

#pon20

#jayapura

#torangbisa



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x