Kompas TV regional berita daerah

Lezatnya Rujak Rumput Laut

Kompas.tv - 7 Oktober 2021, 15:41 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

BADUNG, KOMPAS TV - Pulau bali begitu terkenal sebagai destinasi wisata, namun pengetahuan tentang kuliner khas di pulau ini masih begitu minim. Banyak wisatawan yang tak tahu deretan kuliner lezat enak yang bisa dinikmati.

Salah satunya, yang tak hanya enak, tetapi juga menyehatkan adalah kuliner rujak rumput laut.

Rumput laut atau orang bali menyebutnya bulung memiliki berbagai kandungan nutrisi  seperti protein, lemak, karbohidrat, asam amino, vitamin, selenium dan juga serat. Rumput laut ada berbagai jenis. Di bali yang biasa digunakan untuk membuat kuliner rujuk rumput laut atau bulung ini adalah jenis bulung buni dan bulung rambut.

Dalam proses pembuatannya, bulung buni hanya perlu dibersihkan dengan dicuci air dingin ketika akan di sajikan. Sementara bulung rambut harus di rebus terlebih dahulu.

Selanjutnya, ada beberapa bumbu yang perlu dipersiapkan, di antaranya adalah kelapa parut yang telah dipanggang, kuah pindang atau kaldu ikan, lengkuas, cabai merah, terasi bakar, serta perasan air jeruk limau. Setelah bumbu dicampur, anda dapat mengguyurkan diatas rumput laut atau bulung yang telah disiapkan. Sebagai tambahan, kuliner rujak rumpu laut ini, anda bisa membubuhkan kacang ataupun kedelai goreng yang membuat rasanya lebih gurih.

Salah satu tempat makan di kawasan jalan angantaka abiansemal badung, menu bulung kuah pindang ini menjadi salah satu menu favorite para pengunjung. Selain lezat, menu ini tentu menyehatkan.

Nah jika anda berkunjung ke Bali, anda wajib mencoba kuliner rujak rumput laut ini. Kuliner yang merupakan kudapan ini, bisa anda dapatkan di berbagai tempat makan di bali. Harganya pun dijamin tidak merogoh kocek yang dalam, mulai rp 8.000 anda sudah bisa mencicipi gurih dan segarnya kuliner rujak rumput laut yang kaya manfaat.

 

 

 

#RumputLaut #Kuliner #PemerintahBadung



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x