Kompas TV regional berita daerah

Aktivitas Jual Beli di Pasar Tradisional Kembali Bergeliat, Harga Cabai Perlahan Naik

Kompas.tv - 7 Oktober 2021, 15:02 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV-Sejak satu bulan terakhir, harga komoditi pangan seperti cabai rawit terus anjlok dan sempat menyentuh harga Rp 8.000,- per kilogramnya. 

Salah satunya di Pasar Besar Kota Malang. Murahnya harga cabai rawit ini menurut pedagang salah satunya, karena persediaan cabai dari petani yang melimpah, sedangkan serapan cabai di pasar sangat rendah.

Namun kini secara perlahan harga cabai rawit mulai naik menjadi Rp.20.000,- per kilogramnya. 

Sedangkan kenaikan yang cukup signifikan terjadi pada cabai merah besar dari sebelumnya Rp.16.000,- per kilogramnya, kini melonjak menjadi Rp.30.000,- per kilogram.

Menurut Agus Salam, salah satu pedagang, kenaikan harga ini salah satunya disebabkan karena adanya kelonggaran yang diberikan pemerintah selama PPKM. 

Kelonggaran tersebut membuat warung dan rumah makan yang sebelumnya tutup, kini kembali buka sehingga permintaan cabai meningkat.

"Alhamdulillah sekarang mulai normal lagi dibandingkan bulan-bulan kemarin. Warung, depot, mulai normal, itu juga berpengaruh. Kalau kemarin stok banyak pembeli gak ada ya murah, kalau sekarang stok banyak pembeli ada yang naik dikit-dikit" ujarnya, Rabu (06/10/2021).

Agus menambahkan, mulai normalnya kondisi pasar ini ditandai melonjaknya penjualan cabai. 

Jika dalam beberapa bulan lalu pedagang hanya menjual 20 kg cabai, kini 40-45 kg cabai bisa habis terjual dalam sehari.

#hargacabai #pasarbesarmalang

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x