Kompas TV regional berita daerah

Mengenal Aquascape, Seni Menghias Tanaman dalam Air

Kompas.tv - 4 Oktober 2021, 20:23 WIB
Penulis : Reny Mardika

BALIKPAPAN, KOMPAS.TV - Berawal dari rasa keingintahuan yang besar, Adhy Saputra, seorang pria asal Balikpapan, Kalimantan Timur, mulai menekuni aquascape atau seni menghias tanaman di dalam air.

Berawal dari rasa penasaran, kini Adhy sudah bisa menghasilan banyak karya aquascape yang ia buat sejak tahun 2018 lalu.

Tak hanya menghias atau menata tanaman di dalam air, Adhy juga harus melewati tantangan baru.

Salah satunya menyuburkan tanaman hidup yang ada di dalam akuarium untuk tetap tumbuh.

Dalam seni aquascape, jenis atau harga ikan yang ada di dalam akuarium bukanlah hal yang utama.

Melainkan tanaman bisa tumbuh subur dan berwarna cerah menjadi tolok ukur keberhasilan membangun aquascape.

Jika itu terjadi, keseimbangan ekosistem di dalam akuarium sudah baik untuk pertumbuhan tanaman.

Seperti aquascape bertemakan forest ini. Meski sudah menjadi koleksinya sejak beberapa tahun ini, tanaman seperti moss tampak tumbuh subur dan warna hijaunya sangat menyegarkan mata ketika melihatnya.

Tanpa tempat khusus, Adhy menekuni aquascape secara otodidak di rumahnya. Sudah bermacam konsep aquascape berhasil dibuatnya mulai dari konsep natural, forest, iwagumi style, hingga bonsai.

Adhy tak sungkan untuk membagikan ilmu berdasarkan pengalamannya membangun aquascape baik kepada teman, maupun pemula yang baru akan berkecimpung di dunia aquascape.

Ia akan meluangkan waktu bagi siapa saja yang tertarik dengan aquascape. Adhy bahkan menyebut bahwa aquascape bisa menjadi salah satu hal baru yang bisa dipelajari di masa pandemi termasuk untuk menghilangkan penat.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x