Kompas TV regional berita daerah

Peringati Hari Batik Nasional, Museum Ini Pamerkan Batik dengan Tema Pandemi Covid-19

Kompas.tv - 3 Oktober 2021, 17:15 WIB
Penulis : Dea Davina

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Sejumlah youtuber, atau pembuat konten di media sosial youtube, mendatangi Museum Batik yang ada di kawasan Budaya Jatayu, di tengah Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

Para pembuat konten ini menyebut, mereka sengaja membuat cerita tentang museum batik, karena bertepatan dengan Hari Batik Nasional.

Para pembuat konten asal Pekalongan ini menyatakan kebanggaan mereka dengan batik, yang diakui sebagai warisan dunia oleh PBB tahun 2009 lalu.

Terlebih, kota Pekalongan sendiri sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu pusat batik di indonesia.

Baca Juga: Ragam Cara Peringati Hari Batik Nasional, dari Kue Bolu Batik Sampai Terapi Membatik Para Napi

Di hari batik tahun 2021 ini, museum mengeluarkan koleksi batik khusus bertema covid-19. Koleksi khusus ini, menurut pihak pengelola museum, dibuat khusus, sebagai pengingat bencana yang melanda, dan membuat seluruh negara di dunia, mengalami pandemi.

Selain koleksi khusus, ada lebih dari 1.200 koleksi batik dari berbagai motif dan zaman yang dipamerkan.

Koleksi batik tertua milik museum, usianya lebih dari seratus tahun .

Pengelola museum, juga menata ulang ruang pameran museum batik, untuk membuat pengunjung yang datang, betah dan tak gampang bosan dengan suasana museum.

Sejumlah perubahan yang dilakukan museum di hari batik nasional, dilakukan pengelola untuk lebih menarik minat warga untuk berkunjung, dan belajar membatik, setelah sekitar satu setengah tahun sepi pengunjung, sebagai efek dari pandemi covid-19.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x