Kompas TV regional berita daerah

Pasar Wonodri Siap Terapkan Aplikasi PeduliLindungi

Kompas.tv - 30 September 2021, 11:58 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Pasar tradisional Wonodri Kota Semarang, Jawa Tengah, menjadi satu dari enam pasar tradisional yang akan menerapkan aplikasi PeduliLindungi. Para pedagang mengaku siap menerapkan prokes dengan menerapkan aplikasi PeduliLindungi saat beraktifitas di pasar, meski diantara mereka mengaku kurang mendapatkan sosialisasi terkait rencana tersebut.

Dipilihnya Pasar Wonodri, Kota Semarang sebagai salah satu dari enam pasar tradisional di Indonesia yang akan menerapkan aplikasi PeduliLindungi, salah satunya karena pedagang dan pengelola pasar sudah 100 persen menjalani vaksinasi Covid-19.

Para pedagang mengaku telah mendapatkan sosialisasi penggunaan aplikasi PeduliLindungi, meskipun ada diantara mereka yang mengaku tidak tahu jika pasar mereka akan dijadikan contoh penerapan aplikasi PeduliLindungi.

"Hari Sabtu (25/9/2021) sama Senin (27/9/2021) kan ada vaksin, terus habis vaksin disuruh instal aplikasi PeduliLindungi," kata Ramadani Destriana, pedagang sembako.

"Sudah, diberitahu lewat pengeras suara, kalo pagi jam 02.30-06.00 WIB kan ada petugas untuk pengumuman harus jaga jarak, harus pakai masker itu udah memberi sosialisasi untuk barcode PeduliLindungi," ujar Isbiani, pedagang soto.

Sementara itu, menurut Kepala Pasar Wonodri, meski belum tahu kapan aplikasi ini akan diterapkan, namun banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk menunjang kelancaran dan keefektifan penggunaan aplikasi PeduliLindungi.

"Intinya secara lisan sudah diberitahukan, tapi nantinya akan lebih disosialisasikan oleh Disperindag, Kemendag dan Kemenkes," tutur Ahmad Munif, Kepala Pasar Wonodri.

Saat ini pihak pasar sedang mempersiapkan sarana dan prasarana penunjang, seperti Wi-Fi. Kendala lain yang perlu diantisipasi yaitu kemungkinan pedagang atau pengunjung tidak menggunakan gadget, maka harus petugas pasar harus mencatat mereka yang menggunakan surat vaksin.

Selain Pasar Wonodri, lima pasar tradisional lain yang menjadi contoh penggunaan aplikasi PeduliLindungi adalah Pasar Mayestik Jakarta, Pasar Blok M Jakarta, Pasar Baltos Kota Bandung, Pasar Modern BSD Kota Tangerang Selatan dan Pasar Modern 8 Alam Sutera Kota Tangerang.

#semarang #pedulilindungi #pasarwonodri



Sumber : Kompas TV Jateng

BERITA LAINNYA



Close Ads x